Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 DNS Tercepat untuk WiFi yang Rekomended, Pilih Salah Satunya

dns tercepat untuk wifi


Seiring dengan berkembangnya teknologi saat ini, kini sudah tersedia sebuah sistem yang bisa digunakan untuk mempermudah dalam kegiatan berinternet. Sistem tersebut bisa disebut dengan DNS. Perlu diketahui bahwa, ternyata ada DNS tercepat untuk WiFi yang telah tersedia.

Seperti pada umumnya, kini penggunaan internet biasanya menggunakan jaringan WiFi. Oleh karena itu, jika ingin lebih mudah dalam penggunaanya, maka memerlukan sebuah DNS ini.

Perlu diketahui bahwa, apabila tidak menggunakan DNS maka harus mengetikkan alamat IP pada browser yang digunakan. Walaupun Internet Service Provider (ISP) yang terpasang sebelumnya telah mengelola DNS tersendiri, akan tetapi ternyata masih bisa diganti.

Hal ini dikarenakan, pemilihan DNS ini juga bisa mempengaruhi sebuah kecepatan dari akses internet yang digunakan tersebut. Untuk itu, berikut ini terdapat beberapa DNS tercepat yang bisa digunakan untuk WiFi, diantaranya:

1. OpenDNS

Rekomendasi DNS yang pertama yakni OpenDNS. Ini merupakan DNS tercepat yang telah didirikan oleh Cisco tahun 2005. DNS ini menawarkan berbagai 2 jenis layanan baik yaitu layanan berbayar dan layanan gratis.

Jika menggunakan layanan yang gratis, maka dapat menikmati berbagai fasilitas misalnya melakukan pemblokiran akses web, meningkatkan kecepatan web dan sebagainya.

Jika menggunakan layanan yang berbayar, biasanya akan dikenakan tagihan sebesar 20 Dolar per tahun. Adapun fasilitas yang tersedia seperti lockdown pada sistem, selain itu juga membatasi akses pengelolaan pada sebuah website tertentu pula.

2. Cloudflare

Salah satu DNS tercepat yang menjadi andalan adalah cloudflare. Adapun alamat server primer dari DNS jenis adalah 1.1.1.1. Selain itu, untuk server sekundernya yakni 1.0.0.1.

Salah satu keunggulan dari DNS ini yakni sangat mengedepankan privasi dan juga keamanan penggunanya. Tak hanya itu,Cloudflare ini telah menjamin terkait dengan data dari penggunanya tidak disimpan. Hal ini karena, data hanya tercatat kurang lebih berkisar 24 jam, setelah itu data akan hilang.

Perlu diketahui bahwa, Cloudflare ini memiliki uptime sampai dengan 99,96%. Selain itu, DNS ini menyediakan sebuah dashboard khusus yang bisa digunakan untuk melakukan konfigurasi secara cepat. Oleh karenanya, pengguna tidak perlu melakukan konfigurasi ulang apabila ingin menggunakannya.

3. Google Public DNS

DNS tercepat untuk WiFi yang selanjutnya yakni Google Public DNS. Perlu diketahui bahwa, layanan ini mulai diluncurkan kurang lebih pada tahun 2009 yang lalu. DNS ini memiliki fitur keamanan yang bisa diandalkan, diantaranya:

  • Ada sepuluh jenis perlindungan yang ditawarkan. Salah satunya yakni threat intelligence feeds, IDN Homographs dan sebagainya.

  • Adanya Native Tracking Protection. Adapun teknologi ini sangat berguna dalam hal pemblokiran sebuah iklan yang mengganggu.

  • Terdapat fitur parental control. Fitur ini penting dalam hal pemblokiran website yang menayangkan sebuah konten pornografi, kekerasan dan lainnya. Oleh karenanya, hal ini tentu hanya bisa diakses sesuai dengan umurnya saja.

4. DNSimple

Rekomendasi yang selanjutnya yakni DNSimple. DNS ini dianggap sebagai DNS tercepat karena memiliki waktu respon yang sangat cepat yakni cukup 18.71 milisecond. Selain itu, DNS ini juga menawarkan berbagai jenis layanan yang bisa digunakan oleh para penggunanya.

Adapun layanan tersebut berupa registrasi domain, sertifikasi SSL, serta hosting DNS. Untuk alamat server primer dari DNS ini yaitu 8.8.8.4 dan sekundernya 8.8.4.4.

5. Anycast DNS

Rekomendasi terakhir yaitu AnycastDNS, yang mana DNS ini merupakan salah satu yang tercepat, akan tetapi mempunyai berbagai struktur yang bisa dikatakan cukup kompleks. Selain itu, beberapa server tersebut mempunyai alamat IP yang sama.

Adapun untuk waktu respon dari Anycast ini yakni 17.11 milisecond. Perlu diketahui bahwa, untuk server ini telah tersebar dengan jenis ISP yang berbeda pada sekitar 27 lokasi di dunia .

Itulah uraian terkait dengan rekomendasi DNS tercepat untuk WiFi yang bisa digunakan. Oleh karena itu, pengguna bisa memilih salah satu diantaranya yang dikiranya sesuai dengan kebutuhan.