Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Mengatasi Komputer Lelet Dijamin Komputer Kembali Normal

cara mengatasi komputer lelet


Komputer merupakan salah satu perangkat yang saat ini hampir digunakan oleh kalangan pelajar, mahasiswa hingga pekerja. Komputer ini berfungsi untuk mengakses informasi penting, menganalisis data serta menyimpan file ataupun berkas berkas yang penting. Namun ada kalanya komputer tiba tiba menjadi lelet. Oleh sebab itu banyak orang mencari cara mengatasi komputer lelet.

Komputer yang lelet memang akan terasa menyebalkan. Karena membuat sebagian orang tidak sabar. Selain mengganggu pekerjaan sehari hari, kinerja komputer juga akan memburuk dan lambat. Karenanya cara mengatasi komputer yang lelet ini perlu dikuasai.

Sebenarnya ada banyak penyebab komputer menjadi lelet, mulai dari penyimpanan yang penuh, RAM yang tidak cukup, aplikasi yang berjalan di latar belakang dan masih banyak lagi. Berikut akan di pelajari selengkapnya mengenai cara mengatasi komputer lelet:

1. Periksa Kondisi Hardisk Komputer

Komputer akan menurun disebabkan oleh masalah panas berlebih atau overheating. Sehingga performa tidak lagi sempurna. Atau mungkin disebabkan oleh isu pada perangkat keras, seperti harddisk. Kendala umum pada harddisk melibatkan keterbatasan ruang penyimpanan, fragmentasi, usia yang sudah terlalu tua sehingga putaran per menitnya menurun, atau harddisk mengalami kesalahan/bad sector. 

Terlalu banyaknya file sementara yang menumpuk di harddisk juga turut memperlambat kinerja komputer.

Untuk mengatasi permasalahan kinerja komputer yang disebabkan oleh masalah pada harddisk, solusinya adalah, apabila hardisk yang digunakan sudah cukup lama, disarankan untuk menggantinya dengan yang baru.

2. Uninstall Program yang Tidak Perlu

Umumnya, pada komputer pemakaian pribadi, terdapat berbagai macam aplikasi, termasuk beberapa yang sebenarnya tidak diperlukan dan tidak pernah digunakan sama sekali. Beberapa aplikasi ini bisa berjalan sebagai background process dan mengonsumsi sumber daya komputer yang seharusnya tersedia.

Selain menyebabkan penyimpanan harddisk penuh, aplikasi yang tidak terpakai yang beroperasi di latar belakang dapat meredupkan kinerja komputer.

Langkah untuk mengatasi keterbatasan kinerja komputer akibat hal ini adalah dengan menghapus atau menguninstall aplikasi yang memang tidak digunakan dan tidak diperlukan. Tindakan ini akan mengurangi beban kerja CPU komputer dan meningkatkan performanya.

Atau dapat mengecek daftar program yang terpasang di komputer dengan mengklik Add/Remove Program di Control Panel dan menguninstall yang tidak diperlukan.


3. Non-Aktifkan Visual Effect Pada Komputer

Di dalam lingkungan Windows, efek visual berperan dalam memperindah tampilan komputer saat sedang aktif, sehingga memberikan kenyamanan visual kepada pengguna. Windows 10 menawarkan beragam efek visual, namun sebenarnya, hal ini dapat menyedot sejumlah besar daya pemrosesan CPU pada komputer.

Untuk mengatasi kinerja komputer yang lambat, langkah selanjutnya adalah mengurangi penggunaan efek visual. Caranya cukup mudah,

  • navigasikan ke Control Panel,

  • pilih opsi System & Security, lalu masuk ke menu System.

  • Kemudian, pilih Advanced System Setting dan buka tab Performance.

  • Setelah masuk, dapat mengonfigurasi opsi yang mengatur efek visual,

  • dan setelah melakukan penyesuaian tersebut, jangan lupa untuk me-restart komputer yang digunakan.

4. Aktifkan Maintenance System Komputer 

Di dalam Windows 10, terdapat sistem pemeliharaan bawaan yang dapat membantu mengelola dan merawat data, termasuk pemindaian virus, defragmentasi, dan pembaruan sistem.
Semua proses ini berjalan di latar belakang sistem. Meski demikian juga memiliki opsi untuk mengelolanya secara manual sebagai solusi untuk meningkatkan performa laptop yang lambat. Caranya cukup sederhana,

  • buka control panel,

  • pilih System & Security,

  • lalu navigasikan ke Security & Maintenance.

  • Selanjutnya, pilih opsi Maintenance,dan terakhir, lakukan klik pada Maintenance.

5. Restart Komputer

Langkah akhir yaitu dengan merestart komputer. Kelihatannya sepele, namun hal ini dapat membantu agar komputer tidak lelet lagi. Sebagian orang memang akan malas untuk merestart komputer, padahal hal ini dapat menghilangkan cacat pada komputer seperti lemot, layar tidak bisa di tabs dan masih banyak lagi.

Demikianlah pembahasan mengenai cara mengatasi komputer lelet beserta solusinya. Simak baik baik penyebab dan solusinya supaya komputer dapat kembali normal. Namun jika 5 cara di atas sudah dicoba tetapi komputer masih lelet, maka bisa langsung dibawa ke ahli komputer saja untuk melakukan service.