Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cek Suhu Laptop dengan dan Tanpa Aplikasi, Ternyata Mudah

cara cek suhu laptop


Laptop merupakan salah satu alat elektronik yang kini banyak digunakan. Oleh karenanya, tak heran jika suhu laptop sering panas. Namun untuk mencegah agar laptop tidak panas, perlu mengetahui cara cek suhu laptop.

Perlu diketahui bahwa, ternyata suhu laptop bisa di cek secara berkala. Hal ini tentu dapat dilakukan dengan mudah yakni menggunakan bantuan aplikasi ataupun tanpa aplikasi.

Penasaran bagaimana cara yang bisa dilakukan tersebut? Untuk lebih jelasnya, simak uraian berikut ini:

Cek Suhu Laptop dengan Aplikasi

Pertama akan diuraikan terlebih dahulu terkait dengan pengukuran suhu laptop dengan menggunakan aplikasi. Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa digunakan. Namun kali ini hanya akan diberikan penjelasan terkait dengan cara berikut:

1. Menggunakan CPU Thermometer

Cara cek suhu laptop yang pertama yakni menggunakan CPU Thermometer. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang memiliki ukuran yang cukup kecil untuk dipasang di laptop.

Sehingga, tidak akan memberikan beban yang cukup berat di laptop tersebut. Untuk langkah yang bisa dilakukan yakni:

  • Unduh aplikasi CPU Thermometer melalui browser laptop.

  • Apabila sudah terinstall silahkan mulai buka aplikasi tersebut dan pahami terkait dengan cara menggunakannya.

  • Tunggu beberapa saat hingga muncul aplikasi CPU Thermometer pada layar.

  • Pada bagian Temperatures, silahkan cek suhu CPU.

2. Menggunakan Core Temp

Cara yang bisa dilakukan selanjutnya yakni menggunakan aplikasi Core Temp. Aplikasi ini juga bisa dijalankan untuk mengecek suhu laptop dengan mudah. Adapun langkah yang perlu dilakukan yakni:

  • Pertama, download aplikasi Core Temp pada laptop dan dilanjutkan dengan penginstalan.

  • Apabila sudah, buka aplikasi dan cek berapa suhu dari laptop yang digunakan tersebut.

Cek Suhu Laptop Tanpa Aplikasi

Selain menggunakan aplikasi, ternyata masih ada cara cek suhu laptop tanpa bantuan aplikasi. Sehingga hal ini  tentu bisa dijadikan solusi bagi yang tidak menginginkan untuk mengunduh sebuah aplikasi. Adapun cara yang bisa dilakukan yakni:

1.  Menggunakan BIOS

Cara pertama yang bisa dilakukan ketika ingin mengecek suhu laptop tanpa ingin mengunduh aplikasi yakni dengan memanfaatkan BIOS. Namun dalam hal ini, untuk setiap merk laptop berbeda langkahnya. Berikut diantaranya:

  • Laptop Lenovo. Untuk laptop ini, silahkan dengan menekan tombol enter hingga muncul logo lenovo. Jika sudah, maka akan dialihkan ke menu startup interrupt menu. Lanjutkan dengan menekan F1 untuk bisa masuk ke BIOS.

  • Laptop Acer. Jika menggunakan laptop Acer, silahkan tekan tombol F2 saat laptop menyala, dan akan langsung dialihkan ke menu BIOS.

  • Laptop HP. Matikan laptop, dan dilanjutkan dengan menekan tombol power. Jika sudah, tekan tombol ESC secara berulang hingga masuk menu start up. Dilanjutkan dengan tekan tombol F10 untuk bisa masuk ke BIOS.

  • Laptop ASUS. Nyalakan ulang laptop tersebut, kemudian dilanjutkan dengan menekan tombol F1, DEL atau ESC secara beberapa kali sampai dengan masuk ke menu BIOS.

2. Menggunakan AMD Ryzen

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan yakni dengan memanfaatkan AMD Ryzen. Namun, cara ini hanya berlaku bagi laptop yang telah menggunakan prosesor AMD. Untuk langkahnya sebagai berikut:

  • Hidupkan laptop dan klik menu start.

  • Ketikkan "AMD Ryzen Master" pada kolom yang tersedia.

  • Jika menu ini berhasil terbuka, maka secara otomatis dapat terlihat suhu laptop yang digunakan.

Itulah beberapa cara cek suhu laptop yang bisa dilakukan dengan mudah. Dalam uraian ini telah diberikan cara mengecek suhu laptop baik melalui aplikasi maupun tanpa aplikasi.