Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menginstal Play Store di Laptop Windows 10 Melalui 3 Metode

 

cara menginstal play store di laptop

Cara menginstal play store di laptop bisa dilakukan bagi pengguna yang menginginkannya. Sebenarnya tanpa menginstal pun, di laptop sudah bisa mengakses play store dengan menggunakan browser.

Aplikasi play store sering dan bahkan pasti ditemukan di ponsel android. Memang pada dasarnya aplikasi tersebut diperuntukkan ponsel Android. Tapi di laptop pun aplikasi play store juga bisa diinstal.

Bagi pengguna laptop dengan sistem operasi Windows 10, ada beberapa cara untuk menginstal play store di laptop. Berikut akan dijelaskan bagaimana caranya:

1. Menggunakan Microsoft Store

Cara menginstal play store di laptop windows 10 yang pertama adalah dengan menggunakan Microsoft Store.

Microsoft Store ini adalah platform bagi pengguna untuk mendapatkan software / aplikasi untuk Windows. Play store juga termasuk di dalamnya. Simak langkahnya berikut ini:

  • Klik Start Menu yang ada di sebelah kiri bawah.

  • Cari menu Microsoft Store, klik menu tersebut.

  • Di bagian tengah atas akan tertampil kolom pencarian, ketikkan di situ play store. 

  • Kemudian tinggal klik instal dan proses instalasi akan berjalan.

  • Jika berhasil, play store sudah siap digunakan di laptop.

2. Menggunakan Apk Pure

Untuk mendapatkan aplikasi play store untuk laptop, pengguna juga bisa memasangnya dengan mengunduh melalui apk pure. Silahkan ikuti langkah yang sangat mudah berikut ini:

  • Buka browser dan akses situs apk pure.

  • Pada kolom pencarian di sebelah kanan atas, ketik play store.

  • Jika sudah tertampil klik Unduh.

  • Jalankan proses download sudah selesai, kemudian tinggal jalankan proses instalasinya.

  • Jika proses instalasi sudah selesai maka play store sudah siap digunakan di laptop.

3. Menggunakan Emulator Android

Cara berikutnya untuk menginstal play store di laptop adalah dengan menggunakan emulator android. Jadi emulator android adalah software yang memungkinkan pengguna untuk seolah-olah menggunakan hp android di laptop.

Ada banyak pilihan emulator android yang bisa digunakan. Beberapa diantaranya yang populer adalah Bluestacks dan NOX. Berikut langkah untuk memasang play store di laptop menggunakan android emulator:

  • Pastikan sudah memiliki salah satu emulator android. Jika belum harus download dan instal dulu.

  • Jika sudah dipastikan emulator terinstal di laptop, buka dan jalankan emulatornya.

  • Login dengan akun google yang aktif.

  • Setelah itu tinggal download play store pada emulator tersebut dan tunggu sampai proses instalasi selesai.

  • Nah sekarang play store sudah siap digunakan di laptop dengan bantuan emulator android.

Namun perlu diingat untuk menggunakan emulator android ini perlu spek laptop yang cukup memadai. Hal tersebut dikarenakan software ini agak berat dalam pemakaiannya. Jadi perlu spesifikasi laptop yang tinggi.

Jika spesifikasi laptop kurang memadai, maka mungkin emulator android bisa terinstal, tapi dalam pemakaiannya akan lemot atau bahkan tidak berjalan sama sekali.

Berbeda jika laptop yang digunakan memiliki spek yang tinggi, maka dalam penggunaan emulator android akan cenderung lebih lancar. Maka dari itu bisa pastikan dulu spek laptop yang dimiliki. 

Dalam hal ini processor juga mempengaruhi. Mungkin laptop yang dimiliki sudah dilakukan upgrade RAM maupun SSD. Namun jika prosesornya masih yang generasi lama, biasanya dalam menjalankan emulator android juga tidak maksimal.

Nah itulah tadi penjelasan cara menginstal play store di laptop Windows 10. Jadi sekarang pengguna bisa menjalankan aplikasi seperti di ponsel android dengan menggunakan laptop. 

Menggunakan laptop memang akan lebih nyaman daripada menggunakan ponsel. Hal itu dikarenakan laptop memiliki layar yang lebih luas, sehingga pandangan mata akan lebih bebas dan leluasa.