Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Melihat History Download di Play Store, Mudah Banget!

cara melihat history download di play store


Cara melihat history download di play store terbilang sangat mudah. Hal ini berguna jika ingin mendownload ulang atau hanya sekedar melihat aplikasi yang terdahulu atau yang sudah dihapus tanpa mengetikkan nama aplikasi di kolom pencarian.

Sebelumnya, play store adalah tempat bagi para pengguna android untuk mendownload aplikasi dan melakukan berbagai transaksi. Para pengguna bisa menghapus dan mendownload kembali aplikasi yang digunakan. Berikut adalah cara mudah untuk melihat history download di play store:

1. Membuka Play Store

Sebelum melihat history download pastikan terlebih dahulu bahwa play store yang sedang digunakan adalah versi terbaru karena versi terbaru dari play store lebih mudah untuk digunakan. Versi terbaru dari play store memiliki fitur-fitur terbaru dan mudah untuk digunakan.

Pada saat membuka play store akan langsung dihadapkan pada halaman utama yang berisikan game-game yang direkomendasikan oleh editor maupun play store itu sendiri. Pada bagian bawah bisa memilih untuk melihat game, aplikasi, penawaran, dan buku dan bagian atas dapat mencari aplikasi yang diinginkan. 

2. Membuka Bagian Profil

Setelah membuka play store pasti akan selalu dihadapkan dengan halaman utama. Cara melihat history download di play store selanjutnya adalah dengan menekan bagian profil yang terletak di kanan bagian atas. Pastikan bahwa akun google yang digunakan sama dengan akun untuk mendownload aplikasi.

Pada bagian profil ini, akan banyak menu-menu yang dapat dilihat dan menu teratas adalah pengelolaan untuk akun google yang digunakan. Menu berikutnya ada kelola aplikasi & perangkat, penawaran & notifikasi, pembayaran & langganan, play protect, koleksi, play points, setelan, dan bantuan & masukan.

3. Membuka Menu Kelola Aplikasi & Perangkat

Semua menu memiliki fungsinya masing-masing, namun untuk melihat history download dapat dilihat melalui menu kelola aplikasi & perangkat. Pada menu ini terdapat dua menu lainnya di bagian atas yaitu ringkasan dan kelola. Pada menu ringkasan dapat melihat berbagai update pada aplikasi yang didownload.

Selain untuk melihat dan melakukan update, menu ini juga dapat digunakan untuk mendeteksi aplikasi yang berbahaya. Jika di handphone yang digunakan tidak terdapat aplikasi yang berbahaya, maka di bagian atas akan muncul tulisan Tidak ditemukan aplikasi yang berbahaya.

Pada menu ringkasan juga dapat dilihat penyimpanan yang digunakan dan aplikasi apa saja yang memakan banyak tempat pada memori handphone. Dan yang terakhir menu ini juga dapat digunakan untuk berbagi aplikasi. Jika ingin mengatur aplikasi maka bisa dilakukan pada bagian ini.

4. Membuka Bagian Kelola

Langkah terakhir yang perlu dilakukan adalah membuka bagian kelola dan melihat semua history aplikasi yang pernah didownload sebelumnya. Caranya terbilang mudah yaitu dengan menekan bagian Diinstal yang terdapat di kiri atas.

Setelah menekan bagian tersebut, maka akan dihadapkan pada pilihan Diinstal dan Tidak diinstal. Cukup tekan bagian tidak diinstal maka semua aplikasi terdahulu yang sempat di download akan keluar. Dari aplikasi yang bahkan sudah sangat lama di download dapat dilihat kembali.

Bagian ini juga dapat digunakan untuk mengupdate aplikasi dan game. Pada bagian ini juga semua aplikasi yang di download dapat dilihat besaran ruang yang dipakai.

Demikianlah cara melihat history download di play store dengan gampang dan tidak perlu susah payah untuk dilakukan. Jadi, jika ingin mendownload lagi aplikasi yang sudah dihapus tidak perlu susah-susah untuk mencarinya.