Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Begini Cara Pasang SSD Di PC dan Ketahui Tips Mudahnya

cara pasang ssd di pc


Solid State Disk (SSD) adalah perangkat yang biasa digunakan pada laptop untuk meningkatkan kecepatan, cara pasang ssd di pc tidak sembarang. 

Bagi pemula mungkin sedikit susah jika memasang sendiri ssd, berikut bisa dipelajari cara memasangnya khususnya bagi pemula agar tidak salah.

Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Pasang SSD

Sebelum masuk ke pembahasan mengenai cara pasang ssd di pc sebaiknya pengguna mengetahui beberapa hal terlebih dahulu. Memasang ssd tidak bisa dilakukan sembarangan karena memerlukan pengetahuan tentang laptop terutama bagian dalam dan kabel-kabel sambungan didalamnya.

Mengetahui beberapa hal yang sebaiknya tidak boleh dilakukan membuat pemasangan berjalan lancar. Jika tidak mengetahuinya bisa saja terjadi kerusakan pada laptop, agar berjalan dengan lancar perhatikan hal-hal berikut sebagai bahan acuan jika terjadi kesalahan:

1. Perhatikan Peralatan Sekitar

Pastikan laptop yang akan diganti tidak tersambung ke listrik lebih amannya cabut sumber listrik, karena terkadang bisa terlupa. Singkirkan pula barang-barang penghantar listrik di sekitar pengguna, misalnya gelang dari besi atau aksesoris lainya dan sesuatu yang mengganggu konsentrasi.

Agar lebih aman penggunaan bisa melihat terlebih dahulu pengaturan instruksi pabrik milik laptop. Selain itu menggunakan alas statis atau gelang ESD agar kerusakan listrik pada komponen mikro dan suku cadang laptop bisa dicegah.

2. Paham Kabel dan Konektor Daya SATA

Saat memasang ssd pada laptop tentunya ada berbagai kabel tersambung dari berbagai jenis dan warna yang berbeda-beda. Kabel SATA ini berguna untuk menghubungkan HDD, drive Optik dan SSD menuju ke motherboard.

Sedangkan konektor SATA biasanya berwarna hitam dan terletak pada ujung kabel SATA yang mengalir dari PSU. Pengguna harus benar-benar mengurutkan jangan sampai salah kabel saat memasang SSD ke laptop atau komputer.

3. Mengetahui Tipe SSD dengan Laptop

Pemasangan SSD memang bisa dilakukan mandiri tapi penggunaan sebelumnya harus mengetahui tipe SSD dan laptop yang dipasangkan. Pastikan sesuai dengan spesifikasi laptop dan berikut ini bisa menjadi bahan acuan untuk pengguna:

  • SSD tipe SATA 2,5 inch bisa digunakan untuk laptop dengan kecepatan 600 MB tiap detik.

  • Tipe SSD M.2 SATA untuk laptop dengan kecepatan yang sama dari sebelumnya, memang ukuran SSD lebih kecil.

  • SSD M.2 NVMen dengan kecepatan 6 GB tiap detiknya sehingga biasa digunakan untuk laptop keluaran terbaru saja.

4. Paham Cloning Data

Jika setelah pasang ada kebingungan karena semua file hilang maka lakukan Cloning Data agar semua file kembali. Caranya menggunakan aplikasi Acroniv True Image OEM dan pilih automatic cloning, memang butuh waktu yang cukup lama agar semua data kembali ke laptop.

Cara Memasang SSD pada Laptop

Sebenarnya agar lebih mudah, pengguna harus belajar langsung dengan orang yang sudah ahli dalam bidang ini. Baru kemudian setelah itu bisa mempraktekkan sendiri cara pasang SSD di pc tanpa bantuan orang lain karena sudah paham:

  • Matikan semua perangkat yang akan dipasang, cabut semua kabel dari arus listrik.

  • Kemudian buka casing laptop, pengguna bisa memasangkan kabel SSD ke mounting dan pasangkan baut dengan kuat.

  • Pasangkan kabel SATA pada kabel SSD pastikan pasang dengan benar.

  • Selanjutnya yaitu pasang kembali casing PC dan lakukan cloning data agar semua data kembali.

Meskipun sebenarnya cara pasang SSD di pc mudah tapi pengguna jika masih pemula harus mengetahui tipsnya terlebih dahulu. Setelah berhasil memasang SSD, nikmati kecepatan laptop dan coba bandingkan kecepatannya sebelum dipasangi SSD.