Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Ampuh Root Semua Android Tanpa PC



Salah satu Sistem Operasi (OS) dengan pengguna paling banyak di dunia ini adalah Android. Fitur-fitur canggih Android selalu disematkan pada telepon pintar hingga saat ini. 

Selain dengan segudang fitur yang ada, penggunanya masih bisa melakukan root untuk mengotak-atik fitur didalamnya agar lebih optimal.

Android merupakan sistem operasi dengan basis linux yang memiliki lisensi open source. Pengguna android akan bebas melakukan modifikasi terhadap sistem Android.

Awal dari langkah untuk memodifikasi sistem Android adalah rooting. Melakukan root android dapat dilakukan tanpa pc maupun dengan pc.

Mungkin sebelumnya anda sudah mendapat informasi bagaimana ribetnya melakukan rooting menggunakan pc, oleh karena itu Anda mencari informasi mengenai cara root hp tanpa pc.

Kebanyakan orang yang hanya penasaran bagaimana rasanya hp yang sudah di root, biasanya lebih memilih melakukan rooting tanpa pc.

Nah pada tutorial kali ini saya akan memberikan penjelasan bagaimana cara root semua jenis android tanpa bantuan pc. Dengan menggunakan aplikasi untuk rooting yang tersedia di Playstore, kita dapat melakukan root pada semua android tanpa PC.

Sebelumnya, tidak afdhol rasanya jika tidak membahas seluk beluk tentang rooting android

Sekilas Tentang Root


Dari bahasanya saja sudah jelas, root adalah akar, maksudnya adalah inti atau dasar dari sebuah system Android. Untuk mendapatkan akses ke inti atau kontrol yang lebih tinggi, dikenallah istilah root .

Yang mungkin menjadi pertanyaan anda, apakah pengguna android boleh melakukan root?. 

Jawabannya, sangat-sangat boleh. Mengapa?. Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, sistem operasi Android adalah berbasis linux, yang mana linux merupakan software open source.

Semua software yang memiliki lisensi open source tidak dikelola oleh lembaga tertentu yang terpusat, melainkan semua orang bisa mengambil andil didalamnya. Jadi, semuanya diperbolehkan untuk mengakses ataupun memodifikasinya dengan bebas.

Keuntungan dan Kerugian Melakukan Root


Sebelum melakukan root pada smartphone android, Anda setidaknya anda mempertimbangkan, apa sih keuntungan dan kerugian melakukan rooting?. Bukan berarti akses legal sebebas-bebasnya itu berarti baik, melakukan root juga menimbulkan beberapa kerugian,loh.

Keuntungan :


  1. Bisa menggunakan aplikasi canggih yang kebanyakan membutuhkan akses root
  2. Meningkatkan performa gaming
  3. Melakukan Custom ROM
  4. Mengurangi penggunaan RAM dan Memori
  5. Meng-uninstal aplikasi bawaan
  6. Melakukan backup data aplikasi seutuhnya

Kerugian :

  1. Garansi HP hilang
  2. Apabila terjadi kesalahan akan Bootloop bahkan Hardbrick
  3. Tidak mendapatkan update versi Android (Update Otomatis/OTA) secara resmi 
  4. Tidak bisa menjalankan aplikasi yang melarang akses root (ex: Mobile Banking)

Setelah mempertimbangkan keuntungan dan kerugian dalam melakukan root, apakah Anda masih ingin tetap melakukannya?

Jika IYA, mari kita lanjut. Ingat ! DWYOR (Do With Your Own Risk)

Cara Root Android Tanpa PC Mudah 


Di sini saya akan memberikan dua pilihan dengan menggunakan dua aplikasi yang berbeda. yang bisa anda gunakan untuk me-root smartphone android kalian. 

1. Root Hp Android Menggunakan Framaroot

Untuk opsi yang pertama kali ini menggunakan aplikasi yang bernama "Framaroot". Tentunya aplikasi framaroot sudah tidak asing lagi bagi para oprekers android. Karena memang sudah lama dipercara untuk melakukan rooting android ini tanpa pc dan tentunya berhasil. Langsung saja ke cara root menggunakan framaroot :
  • Download aplikasi "Framaroot" di Playstore lalu install
  • Buka aplikasi Framaroot nya
  • Pada bagian "Select an action to execute after root" kalian boleh pilih Superuser/SuperSU karena memang sama saja, tidak beda jauh.
  • Akan ada pilihan lagi di bawahnya pilih yang "Gandalf" karena lebih bagus dan pasti bisa melakukan root. Untuk yang Aragorn mungkin tidak berfungsi di hp android tertentu.
  • Setelah itu akan otomatis melakukan rooting, tunggu sampai muncul notifikasi "success". Jika sudah,
  • Restart android anda dan selamat hp android anda sudah terbuka akses root nya.
2. Root Hp Android Menggunakan RootGenius

Mungkin anda baru mendengar istilah RootGenius ini, jika iya alasannya adalah karena aplikasi RootGenius ini merupakan aplikasi yang baru muncul. Walaupun tidak setenar Framaroot, tapi aplikasi ini cukup ampuh dalam melakukan rooting android dan tidak ada salahnya untuk mencoba nya. Bagaimana cara root menggunakan root genius? Ini dia :
  • Pertama-tama download aplikasi Root Genius. Lalu pilih yang versi terbaru, kemudian install di hp android anda.
  • Buka aplikasi Root Genius lalu tekan pada lingkaran hijau yang ada tulisan root nya.
  • Maka proses root akan berlangsung. Tunggu sejenak
  • Setelah selesai maka akan ada permintaan peninstalan aplikasi root, tekan saja "install".
  • Sabar sejenak.
  • Reboot perangkat dan selesai.
Itulah cara melakukan root hp android dan sudah pasti berhasil kan?. Untuk mengecek apakah hp anda sudah benar benar ter-root download aplikasi "Root Checker" di playstore, lalu lihat dan cek apakah sudah berhasil rooting anda tadi.

Nah dengan melakukan root dan akhirnya berhasil tentu hati sangat lega hehe. Sekarang anda bisa oprek bebas sebebas bebasnya hp android anda. Semua kendali system ada di tangan anda. Perlu diingat untuk berhati hati ketika mengotak-atik system android nya karena kalau salah bisa jadi hp anda bootloop, kan repot nanti.

Jika anda ingin melakukan unroot, cara nya akan ada di pembahasan artikel berikutnya.

Sekian artikel kali ini semoga dapat membantu anda, jika ada kekurangan, saran, atau pertanyaan silahkan hubungi saya melalui contact us atau komentar di bawah ini. Terima kasih