4 Tips Pilih Jurusan di Perguruan Tinggi Vokasi

4 Tips Pilih Jurusan di Perguruan Tinggi Vokasi

''Mau kuliah dimana?"
"Jurusan apa?"

Menentukan tujuan ke mana kita akan melanjutkan bangku pendidikan merupakan hal yang cukup sulit. Perlu banyak pertimbangan agar jurusan yang akan kita dapatkan tidak mengecewakan diri sendiri.

Seperti halnya di perguruan tinggi pada umumnya, di perguruan tinggi vokasi kamu dibebaskan untuk memilih jurusan maupun program studi yang kamu inginkan. 

Hal yang seringkali dialami oleh mahasiswa adalah merasa kecewa karena jurusan yang diambil ternyata tidak sesuai dengan kemauannya.

Tips Memilih Jurusan di Perguruan Tinggi Vokasi


Survey membuktikan..


Fakta mahasiswa salah jurusan


Belajar dari hal tersebut, sudah seharusnya kita harus serius dalam mempertimbangkan jurusan yang akan kita ambil.

Memilih jurusan memang terkesan tricky. Tipsnya, coba jawab beberapa pertanyaan berikut untuk menentukan jurusan mana yang sesuai untuk kamu!

Tips memilih jurusan



1. Apa keahlian yang kamu miliki?


Tulis di kertas, apa saja keahlian yang kamu miliki. 

Dari list yang telah kamu buat, coba persempit dengan cara mencoret keahlian yang kamu tidak konsisten dan tidak enjoy ketika melakukan pekerjaan yang berkaitan dengan keahlian itu.

Kemudian lakukan research mengenai jurusan apa saja yang cocok untuk keahlianmu dan buat daftar nama jurusan dan kampus yang menyediakan jurusan tersebut.

2. Apakah kurikulum yang digunakan sesuai?


Setelah memiliki daftar jurusan dan perguruan tinggi vokasi yang dituju, gali informasi mengenai kurikulum yang digunakan pada jurusan tersebut.

Pastikan bahwa kurikulum yang digunakan selalu di-update, sehingga proses pembelajaran dan output yang dihasilkan juga sesuai dengan kebutuhan masyarakat kedepannya.

3. Apakah fasilitas yang disediakan mendukung?


Adanya fasilitas kampus yang baik, akan mendukung ekosistem pembelajaran yang menyenangkan. 

Kenapa hal ini menjadi pertimbangan dalam kamu memilih jurusan? karena fasilitas merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi motivasi dan prestasi belajar seorang mahasiswa.

4. Apakah jurusan tersebut memiliki prospek yang baik?


Tidak dapat dipungkiri, tujuan akhir dari pembelajaranmu di lingkungan perkuliahan adalah mengantarkanmu di dunia pekerjaan. Kamu perlu mengetahui, apakah jurusan tersebut memiliki prospek yang bagus dan benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat dan industri. 

Beberapa hal yang bisa kamu gunakan sebagai pertimbangan yaitu: kebutuhan industri, potensi pertumbuhan, resiko pekerjaan, resiko ekonomi.

Mari kita jawab..

Jika kamu bingung, gimana sih cara jawab pertanyaan-pertanyaan di atas? bacalah studi kasus berikut ini:

Beta merupakan lulusan SMA yang memiliki keahlian di bidang komputer. Ia ingin kuliah di perguruan tinggi vokasi, karena ia lebih suka pendidikan yang mengedepankan praktik . Jurusan apa yang sesuai untuk Beta?
 
Yuk bantu Beta untuk menentukan jurusan/program studi yang sesuai untuknya dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas!

Pertanyaan pertama telah terjawab, Beta memiliki keahlian di bidang komputer. Dari daftar yang ia buat, salah satu program studi yang sesuai yaitu Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak.

Kemudian ia mencari informasi lagi mengenai perguruan tinggi vokasi yang menyediakan program studi tersebut, dan ia menemukan Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak WBI. WBI adalah singkatan dari Wilmar Business Indonesia yang merupakan Kampus Entrepreuner di Sumut.

Pertanyaan kedua, mengenai kurikulum, di program studi TRPL telah menggunakan kurikulum yang merujuk pada Asosiasi Pendidikan Ilmu Komputer Indonesia dan standar pendidikan global.

Pertanyaan ketiga, tentang fasilitas, WBI menyediakan fasilitas yang sangat layak dan lengkap. Beberapa fasilitas yang disediakan yaitu Perpustakaan, Pusat Inifiatif Bisnis WBI, Auditorium, Mini theater, Laboratorium komputer, dan masih banyak lagi.

Pertanyaan keempat, mengenai prospek, saat ini kita hidup di era digital. Pertumbuhan dunia bisnis yang berkaitan dengan teknologi semakin tinggi. Sehingga, sejalan dengan hal itu, kebutuhan akan lulusan Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak yang kreatif dan inovatif juga semakin tinggi. 

Keempat pertanyaan telah terjawab, maka Jurusan yang cocok untuk Beta adalah Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak WBI.

Sekarang, giliran kamu untuk menjawab keempat pertanyaan tadi yang menjadi tips untuk memilih jurusan di perguruan tinggi vokasi. Jangan sampai salah jurusan, yaa!