Thursday, April 16, 2020

Cara Efektif Agar HP Tidak Lag saat Bermain Game (Tanpa Root)

Bermain game dengan nyaman dan tanpa lag atau patah-patah merupakan impian setiap gamers. Salah satu OS smartphone dengan pengguna terbanyak yaitu Android.

Ya, tidak heran Android merupakan Operating System yang sangat baik untuk bermain games maupun aktivitas harian biasa.

Tidak heran, produsen smartphone pun selalu berkembang dan menawarkan hp dengan kualitas yang semakin bagus untuk bermain game-game berat dengan grafik HD.

Games yang lag, dapat ditunjukan oleh FPS (Frame per Second) yang drop. Idealnya kamu akan terasa nyaman dalam bermain games apabila FPS menunjukan angka 60FPS atau diatasnya.

Semakin bagus kualitas gambar dari sebuah games dan ukuran yang semakin besar membuat games tersebut semakin berat untuk dijalankan, contohnya PUBGM, COD, Asphalt, Real Racing dan masih banyak lagi.

Apabila spesifikasi handphone yang digunakan rendah, maka FPS yang didapatkan pun akan sedikit dan itulah yang memunculkan lag atau patah-patah.

Lalu sebenarnya,..

Apa sih, Penyebab Game Lag di Android ?


Banyak faktor yang menentukan seberapa lancar handphone kalian untuk bermain games, yaitu :

  1. Spesifikasi (Hardware), seperti RAM, Prosesor, GPU, hingga memori internal dan software seperti versi android dan versi OS ROM
  2. Seberapa banyak aplikasi yang terinstal dan berjalan di latar belakang
  3. Banyak-sedikitnya RAM yang tidak digunakan
  4. Kualitas grafis sebuah games
  5. Memori internal yang kosong
  6. Persentase baterai yang tersedia
Dari beberapa faktor diatas, kita bisa memodifikasinya agar hp tidak lag saat digunakan untuk bermain games.


mengatasi lag pada game android


Bagaimana Mengatasi Game yang Ngelag tanpa Root ?


Nah, berikut ini cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi fps drop di game android kamu
  1. Kosongkan memori internal
  2. Uninstal aplikasi yang tidak digunakan
  3. Gunakan aplikasi Lite
  4. Bersihkan cache
  5. Menggunakan game booster
  6. Menonaktifkan aplikasi yang berjalan di latar belakang
  7. Mengubah pengaturan dalam games
  8. Mengaktifkan 4x MSAA
Dari langkah-langkah diatas, mungkin tidak semuanya kamu bisa melakukannya. Untuk lebih jelasnya simak cara detailnya berikut ini.

1. Kosongkan memori internal


Tentu kita sudah mengetahui kapasitas memori internal di smartphone yang kita gunakan. Tanpa disadari, semakin sering kita menggunakannya dalam kegiatan sehari-hari memori internal tiba tiba sudah penuh dan bahkan muncul notifikasi peringatan.

Biasanya, memori internal penuh dikarenakan foto, video, file, aplikasi atau dokumen yang mungkin kita tidak terlalu memerlukannya lagi. Jadi, kamu bisa mencari-cari file yang sudah tidak berguna untuk kamu hapus. 

Semakin banyak memori internal yang tersedia, itu akan membantu sistem android beroperasi lebih optimal.
Sekiranya kamu masih memerlukan file-file tersebut, manfaatkan cloud storage untuk menyimpan file tersebut. JIka kamu bingung tentang cloud storage, baca artikel tentang Cloud Storage untuk Backup Data

2. Uninstal Aplikasi yang tidak digunakan


Penggunaan aplikasi berlebihan dan sebenarnya sudah tidak kamu perkurang, akan memperlambat kinerja android kamu. Baik untuk bermain games maupun membuka aplikasi lain.

Dengan menghapus aplikasi yang sudah tidak kalian perlukan, akan membuat kinerja ram lebih lega. Selain itu, dengan ini kamu bisa mengosongkan memori internal untuk mendukung poin pertama.

Bagaimana cara meng-uninstall aplikasi di android? Jika kamu bingung lakukan langkah-langkah berikut :

1. Pergi ke setting
2. Pilih "Application Manager" atau "Daftar Aplikasi"
3. Tentukan dan pilih aplikasi mana yang sudah tidak anda gunakan
4. Pilih "hapus data" dan "hapus cache"
5. Kemudian pilih "Uninstal"

3. Gunakan Aplikasi Lite


Beberapa developer aplikasi android juga merilis aplikasi versi litenya. Contoh saja Facebook Lite, Line Lite, Twitter Lite. Daripada aplikasi versi standarnya, aplikasi lite dibuat sedemikian rupa agar tidak memakan banyak RAM dan juga memori internal. Walaupun fiturnya tidak sama persis, fungsi utama nya tetap sama kok.

4. Bersihkan cache


Setiap aplikasi yang kamu gunakan pasti ada fitur cachenya. Dimana cache ini berfungsi sebagai penyimpanan sementara data-data aplikasi sehingga saat dijalankan (saat membuka) tidak memerlukan waktu yang lama.

Contohnya, bila kamu pertama kali membuka aplikasi katakanlah Facebook, pastinya kamu akan mandaftar atau log in terlebih dahulu bukan? Nah untuk membuka aplikasi setelahnya, kamu tidak perlu log in lagi karena data log in tadi sudah tersimpan di memori internal kamu.

Cache memang sangat berguna untuk memudahkan kita, akan tetapi apabila terlalu banyak akan memenuhi memori dan berakibat pada lag saat bermain games. 

Bagaimana cara menghapus cache?

1. Buka Pengaturan / Setting
2. Pilih "Application Manager" atau sejenisnya
3. Pilih aplikasi yang ingin anda hapus cache nya. Contoh aplikasi dengan cache besar : WPS, Facebook, Youtube.
4. Pilih "Hapus Cache"

Tips Baru : Tips Mengatasi Memori yang Penuh

5. Menggunakan Game Booster


Di kalangan gamers, penggunaan game booster masih menjadi pro dan kontra. Pihak pro, menanggap game booster efektif untuk menurunkan lag saat bermain games sedangkan orang yang kontra menganggap hal tersebut justru membuat game terasa lebih lag

Mana yang benar?? Dari pengalaman saya, penggunaan game booster cukup efektif untuk mengurangi lag saat bermain games. Penggunaan game booster yang justru menyebabkan lag, mungkin diakibatkan spesifikasi smartphone yang digunakan memang tidak mumpuni

Cara kerja apliksi game booster yaitu dengan menonaktifkan atau menutup aplikasi yang berjalan di latar belakang, sehingga mengurangi penggunaan RAM. Akan tetapi, persentase baterai smartphone android kamu akan lebih cepat berkurang.

Beberapa jenis smartphone, sudah ditanamkan fitur game booster bawaan. Apabila smartphone kamu tidak ada fitur tersebut, kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang ada di playstore, caranya :
1. Buka playstore
2. Ketikkan "Game Booster", pilih yang dibuat oleh BGNmobi lalu download
3. Buka aplikasi Game Booster, klik Boost, kamu juga bisa memilih game mana yang ingin kamu percepat performanya dengan fitur boost games.

Aplikasi game booster akan lebih optimal ketika android sudah dalam keadaan root. Tapi jangan khawatir, dengan aplikasi tersebut kamu tetap bisa mengurangi lag pada games tanpa melakukan root terlebih dahulu kok.

6. Menonaktifkan aplikasi yang berjalan di latar belakang


Apabila kamu termasuk tim kontra dalam penggunaan game booster, dengan cara manual ini kamu bisa mengatasi lag pada game android yang kamu mainkan.

Beberapa aplikasi tetap berjalan walaupun kamu sedang tidak menggunakannya. Selain memakan memory tanpa kita sadar, aplikasi tersebut juga memperboros penggunaan baterai. Untuk itu kamu perlu menonaktifkan fitur berjalan di latar belakang dari aplikasi tersebut, caranya :

1. Pergi ke Pengaturan
2. Pilih "Application Manager" atau sejenisnya
3. Pilih aplikasi yang ingin kamu nonaktifkan
4. Ketuk pada "Penggunaan Baterai"
5. Pilih "Disable Background Running"
6. Mulai ulang / Restart hp kamu

7. Mengubah pengaturan dalam games

Semakin berkembangnya industri games, membuat developer games berlomba-lomba untuk membuat games dengan grafis yang realistis.

Semakin realistis atau semakin tinggi kualitas grafis yang kamu pilih dalam game, membuat games tersebut semakin berat untuk dijalankan. Terlebih lagi jika hp yang kamu gunakan belum memenuhi System Requirement dari games tersebut. Sudah pasti lag akan menghiasi pengalamn bermain games mu.

Oleh karena itu, pilihlah kualitas grafis yang rendah. Untuk mengubahnya kamu bisa lakukan cara berikut :
1. Buka games yang kamu mainkan
2. Buka setting
3. Masuk ke tab grafik (Cari menu yang menentukan kualitas grafik)
4. Pilih kualitas Low atau Medium jika masih memungkinkan.

Dengan cara ini, mungkin games akan terasa kurang realistis. Menurut saya itu lebih baik daripada kepala pusing melihat games yang patah-patah.

8. Mengaktifkan 4X MSAA


Langkah terakhir yang wajib kamu lakukan untuk mempercepat performa gaming di android kamu adalah dengan mengaktifkan 4X MSAA (Multi-sample Anti Aliasing). Mengaktifkan 4X MSAA  akan memaksa sistem Android untuk menggunakan 4X MSAA dalam aplikasi OpenGL 2.0. 

Dengan demikian, smartphone android kamu akan menampilkan / merender gambar dengan kualitas tertinggi.

4X MSAA merupakan fitur tersembunyi dari OS android yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan performa gaming. 

Mengaktifkan fitur ini akan lebih terasa efeknya apabila baterai smartphone android kamu kapasitasnya besar. Mengapa? karena ketika 4X MSAA diaktifkan, penggunaan baterai akan terasa boros sehingga waktu bermain game akan terasa kurang.

Cara mengaktifkan 4X MSAA :
1. Buka Pengaturan/Settings
2. Masuk ke "Tentang Ponsel"
3. Tekan sebanyak 5-7 kali pada "Versi Kernel" sampai muncul tulisan "sekarang anda adalah seorang pengembang"
4. Kembali ke menu Settings
5. Pilih "Developer Options" atau "Opsi Pengembang"
6. Geser ke bawah dan aktifkan pilihan "Paksa 4X MSAA"
7. Mainkan games favoritmu

Penting : Fitur Paksa 4X MSAA sangat menguras baterai, alangkah baiknya kamu mengaktifkan fitur tersebut hanya ketika bermain game, jika tidak nonaktifkan saja.

Dengan cara-cara diatas kamu akan bisa mengurangi lag atau patah patah pada games yang kamu mainkan. Untuk performa yang lebih baik, kamu bisa mengombinasikan beberapa cara diatas.

Selamat bermain!!


EmoticonEmoticon