Wednesday, April 15, 2020

5 Software Desain Grafis Gratis Terbaik Alternatif Corel Draw dan Adobe

Perkembangan di dunia desain grafis sudah berkembang cukup pesat. Software design merupakan kebutuhan multak bagi seorang Freelancer desainer ataupun yang bekerja langsung di sebuah instansi.

Hal itu sejalan dengan berkembangnya software sebagai ujung tombak seorang desainer grafis, baik versi PC/laptop maupun mobile. Ada yang berbayar maupun gratis. Namun, hingga saat ini, software buatan Adobe dan juga Corel masih mendominasi dan banyak diminati oleh kalangan desainer.

Sayangnya, setelah masa trial yang diberikan habis kita harus membayar uang sewa software tersebut tiap bulan ataupun tiap tahun untuk menggunakan software berbayar tersebut.

Yang menjadi masalah, biaya pembelian sewanya cukup mahal sehingga orangpun banyak yang menggunakan versi ilegalnya, padahal itu sangat merugikan dan tidak diperbolehkan. Tapi jangan khawatir, kini sudah banyak software desain grafis gratis yang bisa Anda gunakan untuk menyajikan pikiran Anda dalam bentuk visual.

Dengan menggunakan software desain gratis, kamu bisa menggunakannya hingga kapanpun karena disini tidak dikenal masa trial ataupun sejenisnya. Fitur-fitur yang disajikan di software gratis pun tidak kalah dengan yang berbayar.

Dengan software gratis kamu juga bisa membuat vektor, logo, atau desain lain yang Anda ingin buat, sama seperti pada Adobe Illustrator, Corel Draw, Photoshop dan geng-gengnya.

Penasaran? Berikut rekomendasi software gratis terbaik untuk ide-ide desain Anda

1. Inkscape


Jika sebelumnya Anda sudah pro menggunakan Adobe Illustrator tapi terkendala dengan harganya yang tidak murah, Inkscape lah solusinya. Program open source ini memang dikenal dengan versi gratis dari Adobe Illustrator.

Inkscape sangat powerfull untuk membuat vektor, saya juga menggunakannya di laptop. Format yang digunakan dalam software ini adalah SVG. Jadi jika kamu sudah terbiasa membuat vektor, pasti dengan mudahnya bisa menguasai Software Desain Inkscape ini.

Sebaliknya, kamu juga bisa menggunakan Inkscape, sebelum kamu beralih dengan software yang lebih kompleks seperti Corel Draw atau Adobe Illustrator

Mereka hadir untuk Windows, Mac dan juga Linux. Jika Anda tertarik, silahkan kunjungi link website resminya di sini

Kelebihan :
  • Full gratis
  • Drawing tools fleksibel
  • Cocok untuk desain vektor
  • Interface/tampilan mudah dipahami
  • Ringan
Kekurangan :
  • Akan terasa berat jika projek yang dikerjakan sekaligus banyak
  • Masih terdapat bug
Kamu punya banyak desain nganggur? Baca nih, cara menghasilkan uang dari desain vektor.
Tampilan Inkscape

software desain gratis terbaik

2. Canva


Software desain gratis berikutnya yaitu Canva. Canva sering menjadi andalan saya untuk membuat poster. Selain itu Anda bisa membuat presentasi, poster, invcitation card hingga infografis di software ini. Kerennya, software ini bisa Anda gunakan tanpa perlu men-downloadnya, melainkan Anda bisa menggunakannya di browser Anda secara online dan perlu akses internet.

Software Canva sangat cocok untuk pemula karena penggunaannya sangat mudah dimengerti, kita cukup mendrag, menghapus, mengganti tanpa perlu bingung memahami tools tools seperti software desain pada umumnya. Canva dikemas sangat praktis untuk pemula.

Selain itu, mereka sudah menyediakan banyak sekali template desain gratis untuk anda kustomisasi sendiri sesuai dengan keinginan Anda. Jika kamu tertarik dengan desain yang lebih menarik, mereka juga memberikan versi berbayarnya.

Untuk mulai menggunakannya, silahkan kunjungi situs resminya di www.canva.com lalu pilih desain apa yang ingin Anda buat.

Kelebihan : 
  • Mudah digunakan, tidak perlu skill yang mumpuni
  • Tersedia banyak template desain gratis
  • Tidak perlu diinstal
Kekurangan :
  • Perlu akses internet
  • Ekstensi file hanya JPEG
  • Tools kurang kompleks
  • Untuk mendapatkan desain yang lebih menarik harus membayar
Tampilan Canva

software desain tanpa trial

3. GIMP


Dari tampilan dan fiturnya, dapat dibilang GIMP merupakan versi gratis dari Photoshop, sangat mirip Selain desain vektor, Anda juga bisa mengedit atau memanipulasi foto layaknya Photoshop.

Berbeda dengan photoshop yang menggunakan format PSD sebagai format penyimpanannya, GIMP akan menyimpan lembar kerja Anda dalam bentuk XCF, tidak hanya itu Anda juga dimungkinkan untuk menyimpannya dengan format lain yang tersedia di dalamnya seperti RAW dan PSD.

Keunggulan dari GIMP adalah, selain tersedia dalam versi Software yang harus diinstal GIMP juga tersedia versi online. Terbayang kan, gimana rasanya ngedit layaknya di Photoshop tapi hanya perlu membuka halaman di browser. Asyik bukan?

Dengan versi online / webnya kamu dapat menghubungkan komputer dan mobile device / smartphonemu dan masih banyak fitur lagi. Selain itu, mereka juga menawarkan versi premiumnya dengan harga $7 per bulannya tentu dengan fitur yang lebih bagus dari versi free nya.

Jika kamu ingin mencobanya, silahkan kunjungi situs resminya di https://www.gimp.org/ lalu download dan instal. Atau jika Anda ingin menggunakan versi web, silahkan kunjungi rollapp.com/launch/gimp

Kelebihan :
  • Fitur sangat mirip Photoshop
  • Mendukung banyak tipe file
  • Tersedia versi PC,Mobile bahkan Web/Online
Kekurangan :
  • Versi mobile dan online masih butuh perbaikan
  • Untuk fitur lebih lengkap di versi website harus membayar ke versi premium sebesar $7 perbulan 
Tampilan GIMP

software desain gratis terbaik

4. SVG-Edit


Satu lagi, software desain gratis berbasis website yang bagus untuk pemula yaitu SVG-Edit.  Tools Online ini bersifat open source.  jadi mereka tidak membuatnya di sebuah situs resmi, melainkan di situs pengembangan aplikasi yaitu GitHub. Dengan software SVG-Edit, Anda bisa membuat desain grafis seperti vektor dengan tools tools yang sangat mendasar.

Berbeda dengan tools online Canva dipoin ke 2, di sini Anda tidak disediakan template desain. Sehingga anda harus memikirkan ide desain sendiri.

Fitur yang tersedia diantaranya freehand drawing, lines, polylines, zoom, ellipses, circles dan banyak lagi. Software ini dapat digunakan untuk mengedit file berekstensi SVG dan dengan output dapat berupa SVG, PNG, JPG,, WMP, dan BMP. Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa langsung mencobanya dengan mengunjungi situs SVG-Edit GitHub

Kelebihan :
  • Bersifat open source
  • Mendukung beberapa format output (SVG, PNG, JPG,, WMP, dan BMP)
  • Full gratis
Kekurangan :
  • Fitur yang tersedia sangat mendasar dan tidak banyak
Tampilan SVG-Edit

kumpulan software desain terbaik


5. Blender


Software yang tidak asing lagi dikalangan desainer 3D yaitu Blender. Blender merupakan salah satu software desain 3D terbaik, tidak heran jika sering digunakan oleh para desainer. Blender dapat digunakan pula untuk iklan outdoor, desain web.

Anda juga dapat berkreasi membuat model yang tidak ada dalam kehidupan nyata, contohnya monster. Hal itu karena software ini didukung banyak sekali fitur untuk modelling, animasi, UV, VFX, Video editing, rendering, dan banyak lagi.

Bagusnya, anda tidak perlu mengeluarkan uang sedikitpun untuk berkreasi 3D dengan software Blender. Software ini sepenuhnya gratis dan sifatnya open source.

Kamu bisa mengunjungi situs Blender untuk mendownload dan menggunakannya.

Kelebihan : 
  • Kapasitas penyimpanan yang digunakan sedikit
  • Ringan
  • Mudah digunakan
  • Bersifat open source
Kekurangan :
  • Tidak ada fitur yang otomatis, semua pekerjaan dilakukan secara manual
  • Tools dan fitur yang tersedia tidak terlalu lengkap
Tampilan Blender

daftar software desain grafis terbaik

Software Desain mana yang harus saya gunakan?


Jawabanya tergantung kebutuhan dan kemampuan. Jika Anda ingin membuat sebuah desain tanpa ribet, Canva mungkin bisa menjadi solusinya. Bila Anda ingin software dengan fitur yang kompleks dan mirip software berbayar, Inkscape dan GIMP bisa menjadi pilihanmu.

Atau bila Anda seorang desainer 3D modelling, gunakan Blender.

Lebih bagus mana? Software desain berbayar atau yang gratis?


Jawaban yang sama dengan pertanyaan sebelumnya, tergantung kebutuhan dan kemampuan. Jika anda mampu untuk membeli software berbayar itu akan sangat membantu anda karena fitur yang disediakan lebih lengkap dan lebih bagus.

Akan tetapi, Anda tetap bisa menunjukkan taring hanya dengan software gratis. Semuanya juga terletak pada kemampuan Anda menguasai software atau program tersebut.

Nah sekian dan itulah software desain gratis yang bisa saya rekomendasikan untuk kalian para desainer maupun orang yang hanya ingin men-desain sesuatu tanpa keluar biaya pembelian sedikitpun.

Kalau menurut pengalaman kalian, software mana yang paling layak digunakan untuk pemula? 

Berikan pendapatmu di kolom komentar ya..


EmoticonEmoticon