Saturday, April 11, 2020

(Bahas Tuntas) Cara Daftar dan Menghasilkan Uang di Shutterstock


Shutterstock merupakan salah satu dari banyak mikrostock yang banyak tersedia di internet. Mikrostock merupakan sebuah website untuk menjual lisensi sebuah gambar. Mikrostock banyak digunakan oleh para freelancer untuk mendapatkan penghasilan tambahan hanya dari mengunggah gambar atau video.

Shutterstock merupakan salah satu situs mikrostock terbesar saat ini. Mereka terbukti membayar kontributornya bahkan ada yang bisa mendapatkan penghasilan hingga ratusan dollar hanya dari sebuah foto yang dibeli orang lain.

Di situs tersebut, anda bisa mendaftar kemudian mengunggah foto, video, gambar vektor bahkan footage video. Lalu jika ada orang yang mendownload dengan kata lain membeli lisensi gambar yang anda upload, anda akan mendapatkan reward sesuai berapapun yang pembeli tersebut bayarkan ke shutterstock.

Kalian bisa mendaftar di shutterstock di android selain di PC atau laptop, karena shutterstock juga meluncurkan aplikasinya di playstore.

Dengan mendaftar menjadi kontributor di shutterstock, anda dapat mendapatkan penghasilan sendiri hanya dari sebuah gambar atau video. 

Mungkin banyak pemula yang belum tahu mengenai bagaimana cara mendaftar dan menjadi kontributor di shutterstock? Di sini saya juga akan menjelaskan kepada anda cara upload gambar atau karya anda di shutterstock sampai bisa menghasilkan uang.

Baca Juga : 5 Situs Jual Foto Online Paling Menghasilkan


Langkah #1 : Mendaftar di Shutterstock


Dengan mendaftar di shutterstock, artinya anda akan menjadi kontributor / mitra dari shutterstock. Caranya sangat mudah, seperti mendaftar pada website lain pada umumnya. Pertama tama kunjungi situs khusus kontributor shutterstock kemudian pilih 'Get Started'.

cara daftar shutterstock

Setelah itu akan terbuka halaman pendaftaran seperti di bawah ini. Isi sesuai nama anda, display name, email, serta jangan lupa password. Centang pada persetujuan terhadap Terms of Services and Privacy Policy.

cara upload foto shutterstock


Setelah anda mengisi data dengan benar, akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Di situ anda diperintahkan untuk melakukan verifikasi akun. Caranya, buka email yang anda daftarkan anda akan mendapatkan email dari shutterstock, pilih pada tulisan 'Please click here to verify your email'.

jual gambar online di shutterstock


jual foto online shutterstock

Setelah sukses verifikasi, anda diperintahkan untuk mengisi data diri. Terdapat 2 jenis alamat di sini yaitu Residential Address / Alamat Tempat Tinggal dan Mailing Address atau Alamat Surat. Apabila alamat tempat tinggal dan alamat surat anda sama, centang tulisan "My Residential and mailing...." di bawah. Dengan begitu anda hanya perlu mengisi pada bagian Residential Address, maka kolom Mailing Address akan terisi sama dengan yang anda isi. Jika sudah pilih Next


Jika semua langkah diatas sudah anda lakukan, anda sudah resmi menjadi kontributor di shutterstock. Sekarang tugas anda adalah mengupload karya anda berupa gambar atau video di shutterstock.

Langkah #2 : Mengupload Gambar di Shutterstock


Mungkin di sini banyak diantara kalian yang menggunakan smartphone, sehingga sangat saya sarankan kepada anda untuk mendownload aplikasi Shutterstock Contributor. Akan tetapi juga tidak menjadi masalah bila anda upload melalui website Shutterstock sendiri. 

Gimana sih cara upload gambar di shutterstock? Eiitss, sebelumnya perhatikan syarat berikut ini sebagai kriteria Gambar dan video yang diterima oleh Shutterstock.
1. Foto atau Ilustrasi berformat JPEG dengan resolusi minimal 4 megapixel
2. Jenis Vektor, format EPS yang kompatibel dengan Illustrator versi 8 atau 10
3. Video harus diupload melalui FTP (File Transfer Protocol) selengkapnya anda bisa baca di sini

Cara Upload Melalui Website Shutterstock :

Setelah anda menjadi kontributor shutterstock dengan akun yang sudah anda buat tadi, lakukan Log In di situs Contributor Shutterstock , anda akan langsung diarahkan ke beranda. Di bagian kiri ada pilihan "Upload images" jika anda ingin mengupload gambar dan jika anda ingin upload footage video, pilih tanda panah kebawah lalu pilih upload video.


Di sini saya akan memberi contoh cara upload gambar.

Setelah anda pilih Upload Images, akan muncul halaman baru. Seret gambar atau video yang ingin anda jual ke kolom yang sudah disediakan. Tunggu proses upload. Jika sudah pilih next. Selanjutnya anda harus memberikan penjelasan atau deskripsi mengenai gambar anda.


Caranya pilih pada gambar yang anda upload, lalu isi form di bagian kanan. Isi deskripsi (minimal 5 kata), kategori, dan jangan lupa keyword.  Setelah itu pilih tombol merah bertuliskan Submit.


Jika sudah, tunggu tim shutterstock mereview apa yang sudah anda upload. Apabila disetujui, anda akan mendapatkan email dan gambar anda pun akan ditampilkan di halaman shutterstock.

Cara Upload Melalui Aplikasi Shutterstock di Android

Pastikan anda sudah mendownload aplikasinya, cari di playstore dan pastikan yang anda download adalah aplikasi Shutterstock Contributor, karena ini khusus untuk para kontributor. 


Setelah itu lakukan log in dengan akun shutterstock anda.

Pencet pada bagian Tanda panah ke atas, dan pilih tanda tambah. Pilih file gambar atau video yang ingin anda jual di shutterstock, tunggu proses upload. Setelah upload selesai pilih gambar untuk mengisi deskripsi, keyword, kategori. Jika sudah pilih submit dan tunggu sampai anda mendapatkan email bahwa gambar anda disetujui.



Berikut ini contoh email yang saya dapatkan ketika gambar saya disetujui, atau jika anda menggunakan aplikasi Shutterstock Contributor akan ada notifikasi tersendiri. Jika sudah seperti ini, pebanyaklah berdoa supaya ada orang yang mendownload (membeli) konten anda


Biasanya, proses review ini memakan waktu hingga beberapa hari. Akan tetapi berdasarkan pengalaman saya, tidak sampai satu jam gambar saya sudah disetujui. 

Terkadang, yang menjadi masalah para kontributor di shutterstock adalah gambar tidak disetujui atau ketika sudah disetujui, tidak ada yang mendownloadnya hingga penghasilan pun tidak didapatkan.

Gimana sih cara mengatasi masalah tersebut? Jangan khawatir, demi kelengkapan dan kepuasan anda terhadap artikel ini akan saya berikan tipsnya kepada anda.

Tips Agar di Approve oleh Shutterstock


Kebanyakan kasus, gambar yang sudah di upload, akan ditolak dengan keterangan penolakan berupa noise. 

1. Pastikan anda memenuhi syarat dasar peng-upload an gambar atau video di shutterstock yang sudah saya berikan di atas.
2. Jangan sampai ada noise / bercak / cacat pada file yang anda upload
3. Apabila terdapat objek berupa manusia (contoh : Gambar dengan model orang), pastikan anda mengisi pada bagian "release", saya sendiri belum pernah mempraktekan ini, untuk lebih jelasnya silahkan anda bertanya forum atau grup kontributor shutterstock, di facebook banyak kok.
4. Terkadang, setelah ditolak lalu saya upload ulang bisa juga diterima. Intinya jangan pantang menyerah saja.

Tips Agar Gambar Laku di Shutterstock


Setiap konten anda yang didownload di shutterstock, anda akan mendapatkan reward minimal sebesar $0.25 per download. Bahkan jika beruntung, apabila pembeli sangat menghargai karya anda mereka tidak segan-segan untuk membeli karya anda tadi hingga ratusan dollar.

Sudah upload banyak konten tapi tidak ada yang download? Tenang, itu juga yang menjadi masalah saya saat ini. Mungkin karena konten saya yang biasa saja dan kurang menarik dan juga saya yang masih mageran sehingga sampai saat ini belum ada satupun yang melirik konten saya.

Akan tetapi, jangan khawatir. Akan saya share kepada anda mengenai pengalaman para kontributor yang saya temukan di grup facebook yang sudah mendapatkan penghasilan sangat besar perbulanya hanya dari upload-upload foto.

Berdasarkan pengalaman mereka, inilah rahasianya.
1. Buat konten yang sedang viral, misalnya saat artikel ini dibuat sedang musim virus corona maka buatlah gambar / ilustrasi/ vektor tentang apapun mengenai virus corona.
2. Isi deskripsi dengan jelas dan sesuai dengan target.
3. Masukkan keyword jangan sembarangan, anda bisa gunakan tools riset keyword shutterstock yanga da di internet. Pergunakanlah dengan sebaik-baiknya batas maksimal keyword yang mereka sediakan.
4. Pastikan anda memasukkan kategori yang sesuai dengan jenis gambar anda.
5. Semakin banyak karya (portofolio) yang anda jual, kemungkinan akan download pun akan meningkat. 

Intinya jangan putus asa dan konsistenlah, jangan seperti saya hehe.

Mungkin sampai sini saja artikel yang lumayan panjang ini tentang cara daftar sampai tips agar gambar di shutterstock banyak yang download, apabila anda memiliki cerita lain yang menginspirasi kontributor lain dengan senang hati saya persilahkan untuk share di kolom komentar.


EmoticonEmoticon