Sunday, January 12, 2020

Cara Ampuh Mengatasi Error PXE-E61 Media Test Failure Check Cable

mengatasi no bootable device , mengatasi pxe-e61

Mengatasi error PXE-E61 - Baru-baru ini saya telah mendapat sebuah masalah yang agak parah pada laptop saya (Dell Inspiron 3421) yaitu muncul pesan error "PXE-E61 Media Test Failure Check Cable". Bagi para ahli TKJ mungkin masalah seperti ini sudah biasa dan pastinya mereka sudah bisa mengatasinya.

Umumnya, masalah error PXE ini muncul karena masalah hardisk yang error atau rusak.

Mengatasi error PXE bagi orang yang sudah ahli  pastinya gampang, tapi tidak bagi orang awam seperti saya, jantung saya berdetak kencang ketika menghidupkan laptop tiba-tiba muncul masalah seperti ini. Sudah saya coba berbagai macam cara, mulai dari install ulang, setting BIOS pun tidak berhasil.

Bahkan yang muncul bukan cuma error PXE-E61, ada juga pesan error lainnya yang sebenarnya satu masalah yaitu :
  1. PXE-E61 Media Test Failure Check Cable
  2. PXE-MOF : Exiting Intel PXE-ROM
  3. Boot Failure : System Halted
Gimana gak sedih dan bingung kalau laptop anda seperti ini.

Error yang saya sebutkan di atas akan selalu muncul dan memenuhi layar laptop dan ketika anda pencet sembarang tombol, akan terus bertambah. Benar bukan?

Nah kali ini saya akan memberikan sebuah tips untuk mengatasi masalah laptop pxe-e61 ini. Tapi sebelumnya coba anda pahami dulu apa itu PXE, dan apa fungsinya?

      PXE adalah singkatan dari  Preboot Execution Environment yang fungsinya adalah untuk menjalankan computer tanpa Floppy atau Hard Disk atau CD-ROM, jadi BIOS akan secara otomatis menjalankan perintah yang dikirim melalui jaringan.

Penyebab munculnya error PXE-E61 ini disebabkan oleh beberapa kemungkinan, diantaranya :
  1. Kesalahan setting pada CMOS (Complementary Metal Oxide Semiconductor) di BIOS (Basic Input/ Output System), yang tidak menempatkan Hard Disk pada boot priority. Sehingga muncullah pesan error pxe-e61 ini dan sebagainya.
  2. Kerusakan fisik hardware pada Hard Disk. Ini merupakan kesalahan yang paling mungkin terjadi. Karena jika HDD sudah rusak system windows pasti tidak bias melakukan boot dan muncullah error seperti ini.
  3. Kabel atau pemasangan Hard Disk yang kurang pas/trep. Kalau  masalah ini masih biasa diatasi.
Secara garis besar, metode mengatasi error PXE-E61 ini ada 2 yaitu
  1. Setting / otak atik melalui BIOS
  2. Membuka bagian hardisk lalu mengeceknya secara langsung
Untuk lebih jelasnya, cara mengatasi error media test failure ini akan saya jelaskan di bawah.

Lalu bagaimana cara ampuh biar tidak lagi muncul pesan Error PXE-E61 Media Test Failure Check Cable dan kawan-kawannya ini. Berikut langkah-langkahnya :

Cara Mengatasi Error PXE-E61 Media Test Failure Check Cable 

1. Nah untuk kemungkinan No. 1 tadi coba buka BIOS pada laptop anda. Caranya :
  • Hidupkan laptop, lalu tekan tombol F2 untuk masuk ke BIOS. Setiap laptop beda tombol untuk masuk ke BIOS nya. Rata rata menggunakan tombol F1,F2,F12. Jika bingung coba googling.
  • Kemudian setting BIOS ke pengaturan default, supaya lebih aman. Dan pastikan pada setup booting nya yang paling atas adalah Hard Disk. Jika LAN, tinggal diubah saja ke Hard Disk.
  • Jika sudah save&reboot.
Gimana? apakah sudah berhasil menggunakan cara yang pertama?. Jika belum lanjut ke solusi berikutnya.

Baca Juga : Rakit PC 5 Jutaan Terbaik Untuk Game Berat 

2. Mungkin cara yang kedua ini agak nekat dan berbahaya bagi kelangsungan hidup laptop anda. Buka casing bawah laptop, kemudian copot hard disk nya. Kemudian bersihkan lalu pasang lagi sampai rapat dan pas.(lihat gambar dibawah) Jika sudah tutup kembali dan nyalakan laptop anda.
intel pxe rom exiting, pxe e 61, no bootable device

intel pxe rom exiting, pxe e 61, no bootable device

Kebetulan saya menggunakan cara ini untuk memperbaiki laptop saya dan Alhamdulillah berhasil. Saran saya, bawa saja ke servis komputer karena mereka lebih ahli dalam hal ini.

3. Lepaskan semua perangkat penyimpanan lain yang menancap di laptop anda. Jangan hubungkan flashdisk dulu atau sebagainya. Lalu coba hidupkan.

4. Jika ketiga cara diatas memang tidak berhasil. Mungkin penyebabnya adalah kerusakan pada Hard Disk laptop anda. Dan jalan keluarnya adalah beli Hard Disk baru dan anda harus merelakan data data yang ada di hard disk sebelumnya hehe.

Bagaimana anda?? Apakah anda berhasil menyelesaikan masalah PXE-E61 ini?

Demikian mengenai Cara Ampuh Mengatasi Error PXE-E61 Media Test Failure Check Cable, semoga bermanfaat dan bias menyembuhkan penyakit pada laptop kalian para pembaca.


This Is The Oldest Page

12 comments

Kejadian nya itu sama persis seperti pada laptop saya,, tapi sudah dicoba cara diatas masih saja belum bisa,, kalau misalkan hdd nya yg rusak kayak nya engga deh,, soalnya dicheck di bios hdd nya masih terdeteck

laptop saya juga seperti itu tapi kenapa laptop saya gak stay di kalimat itu tapi merestart sendiri dan terus seperti itu

Bukan hddnya rusak gan, tapi istilahnya sambungan hdd ke laptopnya kurang nyambung, kalo di laptop saya begitu

Wah, kurang tau kalau begitu gan, bawa aka ke tukang servis terdekat hehe

Punya saya masalah nya sama udah fixed..hardisk minta diganti..masih terbaca di bios sih..tapi ketika di loading file boot nya ga kebaca dan malah bikin laptop restart dan ganti hardisk lain langsung nyala..

mau tanya dong, kira2 kalo dibawa ke tempat service butuh biaya brpa ya?

Thank you gan, saya degdegan parah, mana tugas deadline lagi. Untuk sudah kembali baik..

Makasih banyak infonya, Makasih banyakk
Alhamdulillah laptop saya sudah kembali normal, terim kasih ❤(ӦvӦ。)

Trims gan...komputer sy sudah bisa lg

Makasih banyak Infonya gan, Laptop gue langsung bagus, saya cek dibagian hardiskya ternyata betul longgar. Tapi skarang udah Thanks Gan

S U K S E S S E L A L U👍👏

hello mt malam aku punya PC lenovo thinkcentre, kondisi susah hidup kayak kekurangan daya terus klu hidup muncul
PXE-E61 Media Test Failure Check Cable
PXE-MOF : Exiting Intel PXE-ROM
Boot Failure : System Halted
terus sering restart sendiri tapi gak masuk masuk windownya bagaimana ini,mohon bantuannya


EmoticonEmoticon